Pasang Iklan gratis

agus
Diberdayakan oleh Blogger.

Bikin Postingan Ada Backgroundnya

Bikin Postingan Ada Backgroundnya






copy paste kode dibawah ini d postinganmu--pilih edit html ( bukan yg compose):





<div style="padding: 10px; background: transparent url(http://i1002.photobucket.com/albums/af149/Imtikhan/background_posting.jpg) no-repeat scroll 0% 0%; -moz-background-clip: border; -moz-background-origin: padding; -moz-background-inline-policy: continuous; color: rgb(0, 0, 0); -moz-border-radius-topright: 10px; -moz-border-radius-bottomright: 10px; -moz-border-radius-topleft: 10px; -moz-border-radius-bottomleft: 10px;"><br>TARUH POSTINGANMU DISINI<br>


<br>

</div>








nb :

http://i1002.photobucket.com/albums/af149/Imtikhan/background_posting.jpg
bisa d ganti link foto kamu lhooo
»»  READMORE...

KATA SAMBUTAN

Sambutan
Direktur Utama PT. Mahkota Puncak Prestasi

Assalamu’alikum Wr. Wb.


Puji dan Syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Azza wa Zalla, karena atas kehendak-Nya lah, proses penantian lahirnya bisnis ini dapat berlangsung sesuai dengan rencana.

Semoga Shalawat serta Salam selalu tercurah kepada Junjungan Alam, Baginda Besar, Rasulullah Muhammad saw, juga kepada para keluarnganya, para sahabatnya sampai kepada para pengikutnya.

Berawal dari sebuah counter HP & pulsa kecil yang melakukan aktivitas pemasaran pulsa elektrik secara konvensional, kini MPP hadir untuk Anda dengan sistem pemasaran secara berjenjang. Dengan motto,”Partner Syari’ah Membangun Masa Pensiun Anda”, MPP membuka peluang sebesar-besarnya kepada seluruh Warga Negara Indonesia, dimanapun Anda berada untuk dapat memasarkan pulsa elektrik tanpa harus menyiapkan perangkat khusus yang dibutuhkan sebagai penunjangnya. Hanya dengan Handphone yang ada dalam genggaman Anda, maka Anda sudah dapat memasarkan pulsa elektrik All Operator.

Kenapa Pulsa ? Era informasi berlangsung dengan sangat cepat, sehingga Komunikasi menjadi unsur vital yang tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan kita dalam segala aspek, bisnis, pendidikan, perdagangan, sosial, keagamaan, dan masih banyak lagi aspek-aspek yang tidak dapat berlangsung dengan normal tanpa adanya kelancaran dalam berkomukasi. Oleh karena itu, handphone sudah bukan menjadi barang mewah lagi untuk dekade sekarang ini. Permasalahannya adalah, Handphone hanya merupakan alat bantu yang tidak dapat lepas dari benda maya yang dinamakan dengan pulsa.

Seperti kata pepatah, “asam di gunung, garam di laut, akhirnya bertemu juga dalam periuk”. Dalam konteks ini, maknanya adalah HP di tangan, pulsa di provider, akhirnya bertemu juga di konter.

Oleh karena itu, bisnis di bidang pemasaran pulsa elektrik sangatlah prospectus. Hanya dengan bergabung bersama MPP, Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan margin perdagangan pulsa elektrik dengan cara cerdas. Hanya dengan modal sebesar Rp 150.000,- saja, Anda sudah memiliki peluang untuk memiliki penghasilan besar, cukup dengan mengalihkan belanja sebagian kebutuhan pulsa Anda beserta keluarga Anda dan mereferensikan peluang Spektakuler ini kepada relasi-relasi Anda.

Selamat bergabung dalam keluarga besar MPP Saudaraku, Selamat Berjuang, masa depan cemerlang menanti di hadapan Anda. Insyaallah, Kami siap melayani Anda.

Billahitaufik wal Hidayah,

Wassalamu’alaikmum Wr.Wb.

Direktur Utama
dan Segenap Management PT. MPP


»»  READMORE...

CARA PENGISIAN PULSA

Tata cara transaksi pengisian pulsa di MPP dengan SMS

Peraturan

1. Setiap Nomer HP terdaftar diberikan PIN standar 8888 (harap diganti, dan dirahasiakan).

2.Sistem pengisian pulsa menggunakan SMS yang dikirim ke server MPP melalui SMS Center/Gateway.

3. Agar tidak terjadi antrian transaksi yang panjang, kami sediakan beberapa nomor SMS center

4. Transaksi real time (saat itu juga) dan 24 jam nonstop.

5. Bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia (asal ada sinyal dan bisa kirim SMS).

6. 1 account deposit dapat digunakan untuk transaksi semua operator/provider di Indonesia, dan juga digunakan untuk pengaktifan kartu atau pendaftaran member baru.

7. Deposit bebas sesuai kebutuhan minimal Rp.50.000,- dan tidak expire (hangus).

8. Deposit otomatis terpotong sesuai harga dasar masing-masing voucher setiap transaksi.

9. Pulsa pelanggan/pembeli otomatis bertambah saat itu juga.

10. Jika pulsa belum masuk HP pembeli, harap segera melapor/complain ke kami (maksimal 3 hari setelah trx).

11. Semua info (perubahan harga, gangguan dll) diberitahukan melalui sms reply ke nomor transaksi yang terdaftar.

12. Setiap transaksi akan diberikan reply (sukses atau gagal), nomor reply tidak bis ditelpon dan di sms.

13. Pastikan format pesan transaksi BENAR, jika salah tidak akan ada reply.

14. Kesalahan pengetikan nomor maupun kode vocher dalam bertransaksi tidak dapat dibatalkan dan menjadi tanggung jawab pengirim (member).

15. Pengiriman pesan ke SMS Center dikenakan biaya sms sesuai tarif dari masing-masing operator/profider.

16. Sewaktu kode pulsa tertentu ditutup (dinyatakan tidak tersedia) transaksi dinyatakan gagal dan mendapat sms reply.

17. Transaksi bisa digunakan ke nomor yang sama dengan kode voucher yang sama, dengan menggunakan kode tertentu.

b. SMS Center (Gateway) Pilih salah satu nomor tujuan trx sesuai dengan HP keagenan yang anda miliki,

081 2206 54 000

087 821 55 7400

0852 220 29 4000

0858 6195 4000

0856 2087 400

c.Cara Transaksi dikirm ke SMS Center (tanda pemisah menggunakan titik (.)

Transaksi Pulsa

i.kode voucher.no yang diisi.pin

Isi pulsa simpati 5000 ke nomer 08111108462

Contoh:

i.sh5.08111108462.8888

Transaksi Pulsa ke nomor yang sama dan nominal yang sama dalam 1x24jam

i.kode voucher.no yang diisi.pin.trx yg ke

Misal Isi pulsa simpati 5000 ke nomor 08111108462 yang ke-2 pada hari yang sama dan ke-3 pada hari yang sama juga

Contoh:

i.sh5.08111108462.8888.2

i.sh5.08111108462.8888.3

Cek Saldo

s.pin

Jika ingin mengetahui sisa deposit pulsa Anda saat ini

Contoh:

s.8888

Ganti PIN

g.pin lama.pin baru

Ingin mengganti pin standar dengan pin baru

Contoh:

g.8888.2121

Transfer antar member

t.nominal.no hp tujuan.pin

Mentransfer deposit antar member minimal Rp.10.000,- bisa dilakukan kepada siapa saja walaupun tidak 1 jaringan (bisa crossline)

Contoh:

t.50000.08111108462.8888

d.Cara komplain dikirm ke no SMS Komplain (Max 3 hari setelah trx) 085 7227 151 00

Komplain trx pulsa

userID.nama.isi komplain.tgl bln

Menanyakan trx pulsa, trx sukses dan mengurangi deposit tapi belum masuk ke hp yang diisi.

Contoh:

MPP0401012345.andre kiara.sh5 ke no 08111108462 trx ok pulsa belum masuk.05/04

MPP0401017968.cindy.saya trx as10 ke no 08111108462 sudah 2x kirim tidak ada jawaban.06/08

menanyakan trx pulsa, sudah 2x kirim tapi tidak ada jawaban (report sukses/gagalnya)

Customer Center MPP

(Waktu pelayanan pukul 09.00-18.00 WIB)

Telp

022-7316183 / 022-7310052

087-822 18 5000 (Telpon only)

SMS Hotline

085 7227 151 00 (Komplain pulsa /transaksi only)

0857 5921 3800 (Konfirmasi deposit only)

website

www.mppsyariah.com

email

mppsyariah@yahoo.com

Deposit pulsa

Dana deposit adalah dana/limit yang nantinya tersedia dalam account anda yang terlihat di HP anda, dan akan didebet/dikurangi untuk setiap transaksi yang dilakukan sesuai dengan harga dasar yang berlaku pada saat melakukan transaksi.

a. Metode Pembayaran

Untuk mempermudah metode pembayaran bagi para member dan calon member, kami menyediakan cara pembayaran

. Tunai: langsung datang ke kantor MPP: setiap hari kerja (09.00-21.00), hari minggu dan hari libur tutup.

.Via bank (setiap hari 08.00-21.00 WIB), setelah jam tsb akan diinput esok harinya)

Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, Phone banking, ATM, Transfer Bank

1. BCA (BCA Cab.DAGO)

No.Rek.: 777.088.0020

a.n: ERWIN SAEFUL IBRAHIM

2. MUAMALAT (Cab. Buah Batu)

No.Rek.: -Saat ini belum bisa dilakukan-

3. BRI (Bandung - Asia Afrika)

No.Rek,: Saat ini belum bisa dilakukan-

4. Bank mandiri (KCU Bandung, Soekarno-Hatta)

NO.Rek. :Saat ini belum bisa dilakukan-

5. BNI ' 46 (BNI Syariah Buah Batu)

No.Rek. : -Saat ini belum bisa dilakukan-

b. Biaya kode Unik (Khusus pembayaran via Bank)

Untuk memudahkan pengecekan pengisian deposit Anda via bank, maka MPP menerapkan peraturan bagi masing-masing member yang akan melakukan pembayaran via Bank dikenakan biaya kode unik, yaitu 3 digit terakhir dari UserID anda. Untuk memudahkan pengidentifikasian siapa yang melakukan transfer ke rekening MPP.

Contoh:

userID(nomor member) Anda MPP040101043, maka biaya kode unik Anda 043. Jika Anda melakukan transfer/deposit senialai Rp.500.000,- maka penghitungannya sbb:

deposit Rp. 500.000,-

Biaya kode unik Rp. 043,-

Total yang harus ditransfer Rp. 500.043,-

Nantinya di HP anda akan tercantum deposit sebesar Rp.500.043,-

NB

Ingat Selalu! Gunakan kode unik masing-masing dalam melakukan transfer. Jika tidak menggunakan kode unik maka akan menyulitkan MPP dalam pengidentifikasian dana transfer, sehingga penembakan deposit ke account/HP anda akan terhambat..

c. Konfirmasi Pembayaran/Pentransferan

Setelah melakukan transfer dana deposit (termasuk biaya kode unik) ke rekening MPP, Anda segera melakukan konfirmasi via telp atau SMS dengan cara:

MPPDEP.userID.Nominal.Kode_Bank.Metode_Pengiriman.Tgl_bln_thn. Nama pemilik Rekening

Contoh: Transfer via ATM

MPPDEP.MPP0101043.500043.BCA.ATM.05042009.Andre Kiara

Contoh : Transfer via Teller (setor tunai ke teller di bank)

MPPDEP.MPP0101043.500043.BNI.TUNAI.05042009.Andre Kiara

Kirim sms ke 085 75 921 3800 (sms only) atau 0878 2218 5000 (telepon only) untuk konfirmasi deposit/transfer.



»»  READMORE...

FATWA MUI

Fatwa MUI

Fatwa MUI Bandung Seputar Bisnis MLM

Terkait dengan istilah syariah pada MPPSyariah, maka pada prinsipnya manajemen MPPSyariah berusaha untuk mendapatkan legalitas syariah dari fihak yang berwenang (Dewan Syariah Nasional). Untuk kepentingan hal tersebut, fihak manajemen telah berusaha untuk mengikuti prosedur permohonan legalitas tersebut. Sebagai hasilnya maka manajemen telah melakukan presentasi di depan DSN kemudian mengikuti sejumlah saran perbaikan dari DSN. Hingga saat ini fihak manajemen masih menunggu sidang akhir dari DSN terkait dengan permohonan legalitas MPPSyariah. Namun karena semakin maraknya bisnis seputar pulsa dengan menggunakan konsep berjenjang (MLM) maka keputusan yang akan diambil oleh DSN akan lebih bersifat general untuk mengakomodasi pertanyaan masyarakat seputar bisnis pulsa yang dilakukan oleh fihak lain selain MPPSyariah.

Sehubungan dengan hal itu, maka untuk sementara disampaikan Fatwa MUI Bandung seputar bisnis MLM yang juga dijadikan rujukan bisnis pulsa serupa yang berpusat di Bandung. Insya Allah apa yang digariskan dalam fatwa MUI Bandung sudah sangat sesuai dengan proses bisnis di MPPSyariah.

KEPUTUSAN FATWA
MUSYAWARAH KOMISI FATWA MUI KOTA BANDUNG
Nomor : 291/MUI-KB/E.1/VII

Tentang
HUKUM BISNIS NETWORK MARKETING / MLM


Musyawarah Komisi Fatwa MUI Kota Bandung yang membahas tentang Hukum Bisnis MLM, setelah

Menimbang :

  1. Bahwa semakin banyak berbagai macam produk suatu perusahaan yang diperjual-belikan kepada masyarakat dengan sistem MLM.

  2. Bahwa oleh karena itu, MUI Kota Bandung memandang perlu menetapkan fatwa tentang hukum masalah dimaksud.

Memperhatikan :

  1. Pertanyaan-pertanyaan dari umat tentang status hukum bisnis MLM.

  2. Pendapat dan saran-saran para Ulama peserta musyawarah.

Mengingat:

1. Deskripsi Masalah sebagai berikut :

Secara sederhana, bahwa dalam memasarkan suatu produk dari suatu perusahaan ada dua macam cara:

A. Yang sudah umum berlaku, disebut cara konvensional.

Yaitu sampainya suatu produk kepada konsumen setelah melalui setidaknya 4 (empat) tahap berikut: dari pabrik kepada distributor, kemudian kepada agen, kemudian kepada grosir, lalu kepada pengecer/toko dan baru kepada konsumen. Bila harga dari pabrik Rp. 100.000 maka sesudah sampai kepada konsumen bisa menjadi Rp. 200.000 atau lebih, karena banyak menyerap biaya, seperti biaya produksi, biaya promosi dan biaya lainnya.

B. MLM (Multy Level Marketing) atau sistem pemasaran berjenjang (Network Marketing)

Di sistem ini seorang konsumen harus mampu merekrut konsumen (jaringan) dibawahnya disebut frontline (jaringan/kaki pertama) dan downline atau upline (jaringan/kaki kedua dan seterusnya) dan ia akan menerima keuntungan (prosentase) dari setiap pembelanjaan downline tersebut. Semakin banyak jaringan (downline) maka semakin besar pula keuntungan yang akan diterima olehnya. Bila mampu mencapai titik tertentu sesuai persyaratan, ia akan menduduki suatu posisi dan akan menerima bonus yang telah ditentukan. Cara ini memutus tahapan diatas, yakni dari pabrik langsung kepada konsumen yang sekaligus bisa menjadi distributor. Mengenai harga, tetap seperti diatas hanya kelebihan harga pabrik tersebut menjadi keuntungan distributor.

Pada kenyataannya ada tiga macam bentuk yang berkaitan dengan bisnis MLM :

a. MLM yang tidak menjual produk, biasa disebut money game (permainan uang). Contoh: Pihak MLM menawarkan sebuah sepeda motor merk x hanya dengan menyetor uang Rp. 2.000.000 dengan syarat harus bisa menjaring sebanyak sepuluh orang yang masing-masing harus menyetorkan uang sebesar Rp. 2.000.000 pula. la akan menerima sepeda motor tersebut setelah mampu menjaring sepuluh orang, dan bila tidak, maka uang tersebut hangus. Demikian seterusnya.

b. Perusahaan MLM, ialah suatu perusahaan yang menjual produk orang lain dengan sistern MLM, yakni ia membeli suatu produk dari pabrik kemudian memasarkannya dengan sistem MLM. Perusahaan MLM ini kadang-kadang mengakibatkan harga menjadi tidak wajar (diatas harga pasar) dan kadang-kadang kabur entah kemana, sehingga banyak yang tidak pernah menerima bonus yang dijanjikan dan jaringan yang paling bawah tidak bisa mengembangkan lagi jaringan.

c. Perusahaan yang memasarkan produknya dengan sistem Penjualan Berjenjang (Network Marketing).

Adalah sebuah perusahaan yang menjual produknya dengan sistem berjenjang, sehingga setiap konsumen di perusahaan tersebut adalah juga seorang distributor. Dimana akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan jumlah jaringan dan omzet yang dicapai sesuai dengan sistem marketing yang disetujui sejak awal. Dengan harga produk yang cukup wajar.

2. Prinsip Mu’amalat Islami :

Hukum Islam adalah hukum yang berorientasi kemaslahatan sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia, baik individu maupun masyarakat (mashalih al-’ammah). Orientasi ini menjadi pertimbangan mendasar bagi setiap mu’amalat yang terjadi, baik bagi yang sudah ada, maupun bagi yang baru muncul yang banyak direspon oleh masyarakat seperti Network Marketing / MLM.

Mu’amalat Islami adalah HALAL selama dibangun di atas prinsip-prinsip berikut:

  1. Tabadul al-manafi’ (tukar-menukar barang yang bernilai manfa’at);

  2. ‘An taradlin (kerelaan dari kedua pihak yang bertransaksi dengan tidak ada paksaan);

  3. ‘Adamu al-gharar (tidak berspekulasi yang tidak jelas / tidak transparan),

  4. ‘Adamu Maysyir (tidak ada untung-untungan atau judi seperti ba ‘i al-hashat yi: melempar barang dengan batu kerikil dan yang terkena lemparan itu harus dibeli, atau seperti membeli tanah seluas lemparan kerikil dengan harga yang telah disepakati, dan ba ‘i al-lams yi: barang yang sudah disentuh harus dibeli),

  5. ‘Adamu Riba (tidak ada sistem bunga-berbunga),

  6. ‘Adamu al-gasysy (tidak ada tipu muslihat), seperti al-tathfif (curang dalam menimbang atau menakar),

  7. ‘Adamu al-najasy (tidak melakukan najasy yaitu menawar barang hanya sekedar untuk mempengaruhi calon pembeli lain sehingga harganya menjadi tinggi),

  8. Ta ‘awun ‘ala al-birr wa al-taqwa (tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa),

  9. Musyarakah (kerja sama).

3. Prinsip (rukun) jual beli

a. Ba ‘i (penjual);

b. Musytari (pembeli); Syarat bagi penjual dan pembeli adalah harus shah (layak) melakukan transaksi.

c. Mabi’ (barang yang diperjual-belikan). Adapun syarat barang yang diperjual-belikan harus ada manfa’atnya, benda suci (bukan benda najis) dan halal dikonsumsi dan atau dipakai/digunakan.

4. Islam membolehkan membuat persyaratan / perjanjian dalam transaksi apapun yang disepakati oleh semua pihak, seperti dalam bisnis MLM di atas, selama tidak untuk menghalalkan yang haram atau sebaliknya.

5. Dalil-dalil sebagai berikut :

A. Firman Allah swt.:

“Hai orang-orang beriman, janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan cara yang batil, kecuali melalui perdagangan yang disertai kerelaan diantara kamu. ”

Q.S. al-Nisa : 29.

“Bertolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan taqwa, dan janganlah bertolong-menolong dalam dosa dan permusuhan. ” Q.S. al-Maidah : 2.

“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. ” Q.S. al-Muthaffifiin: 1-3.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu adalah saudara, maka rukunlah diantara saudara-saudaramu. Dan bertaqwalah kepada Alllah agar kamu mendapat rahmat.” Q.S. al-Hujurat : 10.

“Agar harta tidak berputar hanya diantara orang-orang kaya saja diantara kamu. ”
Q.S. al-Hasyr : 7.

B. Sabda Nabi Muhammad saw.:

“Nabi saw. melarang jual-beli dengan cara melemparkan batu kerikil. ” HR. Lima orang perowi hadits kecuali Bukhary dari Abu Hurairah Ra.

“Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa mengangkat senjata kepada kami (umat Islam) maka bukan umat kami, dan siapa yang menipu kami maka bukan umat kami ” HR. Muslim dari Abu Hurairah Ra.

“Sesungguhnya Rasulullah saw. melewati sekarung makanan (gandum), lalu memasukkan tangannya ke dalam karung tersebut dan jari-jemarinya menyentuh yang basah, maka beliau bertanya: “Mengapa hal ini, wahai pemilik makanan? ” “Terkena air hujan, ya Rasulallah !” jawab si pemilik makanan.

Rasul saw. bersabda: “Mengapa tidak kamu simpan yang basah itu di bagian atas agar dilihat orang. Siapa yang menipu kami maka bukan umat kami. ” HR. Muslim dari Abu Hurairah Ra.


“Sesungguhnya Rasulullah saw. telah bersabda: “Janganlah kamu saling melakukan najasy (menawar barang hanya sekedar untuk mempengaruhi calon pembeli lain sehingga harganya menjadi tinggi). ” HR. Muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah Ra.

.“Nabi saw.telah melarang melakukan najasy.”HR.Muttafaq ‘alaih dari Ibnu Umar Ra.

“Dari Jabir Ra. ia mendengar Rasulullah saw. bersabda di Makkah pada tahun futuh Makkah: “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan menjual khamr, bangkai, babi dan menjual berhala. Lalu ada yang bertanya: “Ya rasulallah, bagaimana dengan lemak bangkai karena suka dipakai melabur kapal, dipakai meminyaki kulit dan dijadikan lampu oleh orang-orang ? ”

“Tidak, ia haram. ” Jawab Rasul.

Kemudian beliau bersabda lagi: “Allah membinasakan Yahudi, karena tatkala Allah ‘Azza wa Jalla mengharamkan lemak bangkai, mereka melakukan rekayasa kemudian menjualnya dan memakan hasilnya. ” HR. Lima orang perowi hadits.

“Masih dari Jabir Ra.: “Rasulullah saw. melarang makan hasil jual-beli anjing, upah perzinaan dan upah berdukun.” Dan di dalam riwayat lainnya: “Nabi saw. melarang hasil jual-beli anjing dan binatang sinnaur.” HR. Lima orang perowi hadits kecuali Bukhary.

“Dari Anas Ra. katanya: “Rasulullah saw.mengutuk sepuluh orang dalam soal khamr: Yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang meminumnya, yang mengangkutnya, yang menyurruh mengangkut, penyalurnya, penjualnya, yang memakan hasil penjualannya, pembelinya dan yang membelikannya. ” HR. Tirmidzy dan Abu Daud.

Allah berfirman dalam hadits qudsi: “Aku adalah yang ketiga (yang selalu mendampingi) dua orang yang melakukan kerjasama, selama salah seorang dari keduanya tidak mengkhianati temannya. Apabila ia berkhianat maka Akupun keluar dari keduanya. ” HR. Abu Daud dan al-Hakim, shahih.

“Orang-orang Islam itu terikat dengan persyaratan / perjanjian yang mereka buat.” HR. Bukhary.

C. Kaidah Fiqh :

“Tidak memudaratkan dan tidak dimudaratkan (tidak saling memudaratakan). “

“Hukum yang dikaitkan dengan suatu syarat/perjanjian maka tidak shah kecuali bila syarat tersebut sudah ada. “

MEMUTUSKAN
Dengan senantiasa memohon ridla dan taufiq serta bimbingan Allah swt.

Menetapkan :

Pertama :

MLM yang pertama yaitu MLM yang tidak menjual produk disebut money game (permainan uang) hukumnya haram, karena berupa penipuan yang nyata.

Kedua :

MLM yang kedua yaitu perusahaan MLM yang menjual produk perusahaan orang lain hukumnya boleh, hanya calon konsumen (calon anggota MLM tersebut) harus berhati-hati karena harga barang menjadi tidak wajar, dan kadang-kadang bisa bangkrut.

Ketiga :

MLM yang ketiga yaitu suatu perusahaan yang memasarkan produknya dengan sistem penjualan berjenjang di atas hukumnya shah / halal. Adanya bonus yang dijanjikan, disamakan dengan ju’alah.

Yang perlu diperhatikan :

1. Bagi calon anggota, hendaknya memahami prosedur dan peraturan yang berlaku pada MLM;

2. Bagi siapapun hendaknya tidak membeli barang yang tidak diperlukan karena termasuk israf yang dilarang oleh Islam.

Wallaahu A’lam Bis-Shawaab.

MAJELIS ULAMA INDONESIA KOTA BANDUNG

KH. Maftuh Kholil

Ketua Bidang Fatwa

Daftar Pustaka :

1. Al-Qur-an ;

2. Shahih Bukhary ;

3. Shahih Muslim ;

4. Riyadlus Shalihiin : 547-548 ;

5. Al-Taj al-Jami’ Li al-Ushul Fi Ahaadiits al-Rasuul, Juz II: 198 dan 201 ;

6. al-Fiqh al-Islami Wa Adillatuh ;

7. AI-Asybah Wa al-Nadha-ir ;

8. Dan kitab-kitab Fiqh lainnya.



»»  READMORE...

MPP SYARIAH


JADIKAN KEBUTUHAN PULSA KELUARGA ANDA MENJADI SUMBER PENGHASILAN YANG HALAL


PT. Mahkota Puncak Prestasi (MPP)
Partner Syari’ah Mewujudkan Masa Pensiun Anda

MPP Syariah adalah
Program pemasaran pulsa elektrik berjenjang dengan system Syari’ah, membuka peluang seluas-luasnya bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna membangun masa pensiun dini hanya dengan mengubah cara belanja pulsa keluarga Anda


  • Dengan Konsep Syariah atau bagi hasil, Mudharobah dan Murabahah
  • Keanggotaan berlaku seumur hidup dan bisa diwariskan
  • Nomer Handphone keagenan bisa GSM atau CDMA
  • Registrasi Terjangkau, cukup dengan Rp 150.000 sudah dengan deposit pulsa Rp 50.000,-
  • Perhitungan komisi Syariah tanpa INDEX, yg memberatkan member
  • Setiap member diproteksi oleh asuransi syariah
  • Sudah termasuk zakat Tijaroh 2.5%
untuk penyaluran zakat bekerjasama dengan:


"Perumpamaan harta yang dinafkahkan dijalan Allah seperti sebutir benih yang menumbuhkan 7 butir, tiap-tiap butir tumbuh 100 biji" ( QS. Al-Baqarah : 261)


Sistem Mudharobah

Sistem Mudharobah adalah kerjasama antara dua pihak dimana shahibul maal menyediakan modal sedangkan mudharib menjadi pengelola dana dimana keuntungan dan kerugian dibagi menurut kesepakatan di muka.

Kejelasan dan transparansi atas Modal (uang pendaftaran) adalah sebagai berikut :
*Modal (uang pendaftaran) yang anda keluarkanpun sudah dibersihkan dahulu dengan zakat Tijaroh sebesar 2.5%

Sedangkan untuk pembagian keuntungan penjualan pulsa (royalty) adalah sebagai berikut :
  • PT.MPP mengambil margin keuntungan dari setiap transaksi pulsa sebesar Rp.700,-
  • Pembagian keuntungan adalah PT.MPP sebesar 30% dan 70% keuntungan member bersama (10% member pribadi, 60% jaringan)

Contoh :

- Pulsa Nominal : Rp 5000,-
- Harga Pokok Produk : Rp 5300,-
- Harga Jual : Rp 6000,-

Maka Margin nya adalah Rp 700,-
Alokasinya : - Rp 210,- (30%) masuk perusahaan.
- Rp 70,- (10%) masuk pribadi member
- Rp 420,- (60%) masuk jaringan 10 Generasi.

Sistem Pembagian Komisi (Murabahah)



Penjelasan Komisi Mingguan Pengembangan Jaringan

  • Komisi ini diberikan atas Jasa Member yang bersangkutan karena telah mengembangkan jaringan.
  • Komisi Mingguan terdiri dari 2 jenis, yaitu 80 % berupa uang dan 20 % berupa pulsa.
  • Komisi Uang, akan ditransferkan ke rekening bank Member setelah mencapai nilai minimal Rp 55.000,- (Rp 50.000,- ditransfer ke rekening Bank Member, sedangkan Rp 5.000,- sebagai biaya administrasi pentransferan di Bank).
  • Komisi Pulsa akan ditransferkan ke dalam saldo deposit Member bersangkutan apabila telah mencapai nilai minimal Rp 25.000,-
  • Komisi Mingguan akan diberikan setiap hari Rabu pada setiap minggu nya.
  • Apabila hari Rabu jatuh ada hari Libur Nasional, maka komisi akan ditransferkan hari berikutnya setelah bank resmi beroperasi.








»»  READMORE...

BUKU TAMU

»»  READMORE...

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB PT. MAHKOTA PUNCAK PRESTASI

1. Apa MPP Syariah itu ?
Adalah suatu program yang dirancang oleh PT.MAHKOTA PUNCAK PRESTASI (PT.MPP) suatu perusahaan yang didirikan di Bandung pada tanggal 18 April 2009 dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran pulsa elektrik berjenjang dengan menerapkan konsep SYARI’AH yang mengedepankan sistem mudharabah, murabahah dan mustarokah. Diharapkan semua pihak sama - sama memiliki rasa tanggung jawab dan tidak ada yang dirugikan dengan perhitungan / nisbah yang jelas jauh dari unsur ribawi.

2. Apa Yang dimaksud dengan Mudharabah ?
Mudharabah adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shahibul mal) menyediakan 100% modal. Sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola, keuntungan usaha secara mudharabah dibagi menurut kesepakatan yang dituangkan dalam akad. Sedangkan apabila mengalami kerugian ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian itu bukan akibat kelalaian pengelola. Jika kerugian itu diakibatkan karena kecurangan atau kelalaian si pengelola, si pengelola harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

3. Apa yang dimaksud dengan Murabahah ?
Murabahah adalah akad jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati, dalam akad ini penjual harus memberi tahu harga dasar produknya dan menentukan nilai untuk keuntungan sebagai tambahannya.

4. Apakah program MPP Syariah bisa dipertanggungjawabkan?
MPP Syariah adalah program dari PT. Mahkota Puncak Prestasi yang mempunyai badan hukum, dan dirancang berdasarkan atas azas kebersamaan yang saling menguntungkan antara Perusahaan, Mitra Usaha dan Anggota (Member), sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan bisa dijalankan dengan aman karena diarahkan untuk menguntungkan semua pihak sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

5. Bagaimana bisnis MPP Syariah bisa berjalan ?
MPP Syariah adalah merupakan bisnis e-commerce di mana semua proses pelayanannya menggunakan media internet dan SMS. Semua pendaftaran harus diregistrasikan ke www.mppsyariah.com , demikian juga untuk melihat jaringan, komisi, transaksi maupun pemasangan iklan juga melalui website dan sms. Semua data dan perhitungan diproses dengan menggunakan sistem data base yang mutakhir dan professional.

6. Bagaimana cara saya memenuhi kebutuhan pulsa setiap bulan?
Jangan khawatir karena secara otomatis MPP Syariah akan mengirim pulsa kepada HP anda serta mengisi rekening bank Anda , apabila Anda menjalankan sistem duplikasi MPP Syariah secara benar dan konsisten.

7. Siapa saja yang bisa bergabung menjadi Anggota / Simsar (Member) MPP Syariah?
Siapapun yang memiliki KTP, SIM ataupun kartu pelajar bisa menjadi member dari MPP Syariah. Minimal usia Pendaftar adalah 16 tahun.

8. Bagaimana jika seseorang tidak mempunyai handphone prabayar ingin mengikuti program?
Bisa!!! No Handphone dikosongkan atau dialihkan ke No. Handphone orang lain, jika No. Handphone kosong maka pulsa yang terkumpul akan tersimpan sebagai Deposit Pulsa di Cyber Office Anda. Setelah No. Handphone dimasukkan, maka pulsa akan bisa dikirim, atau anda bisa ambil angka 14 digit.
Atau option kedua yaitu dengan mendaftarkan no hp cdma Anda (jika ada no hp cdma).

9. Bagaimana saya bisa mendapatkan Kartu Aktivasi ?
Anda bisa mendapatkan Kartu Aktivasi MPP Syariah pada Stokis terdekat di daerah Anda,upline, sponsor atau bisa melalui Pembelian Kartu Aktivasi melalui kantor administrasi kami.

10. Apa itu STOCKIEST / Card Center ?
Stockiest adalah pusat Pendistribusian dan Penjualan Kartu Aktivasi MPP Syariah yang ditunjuk oleh perusahaan, selain itu juga berfungsi sebagai Pusat Informasi dan Pembinaan tentang bisnis MPP Syariah.

11. Saya sudah bergabung dan menjadi Anggota (Member) MPP Syariah kapan saya mendapatkan Komisi ?
Bisnis MPP Syariah bukanlah sistem Money Game atau sistem investasi yang akan memberikan hasil bagi anggota (Member) yang tidak melakukan apa-apa. Jika Anda ingin mendapatkan hasil di bisnis MPP Syariah, maka diwajibkan bagi anda untuk mengenalkan dan mereferensikan untuk bergabung menjadi anggota kepada saudara, tetangga ataupun teman Anda dan mereka juga menjalankan proses duplikasi yang sama seperti Anda serta memanfaatkan fasilitas transaksi pulsa untuk memenuhi kebutuhan pulsa mereka.

12. Apakah Pulsa Handphone MPP Syariah bisa dijual belikan
Bisa!!! No Handphone yang tercantum di dalam data pribadi anda bisa anda rubah dengan No. Handphone orang lain. Atau sekaligus anda bisa menjadi Agen Pulsa Elektrik / Mobile Counter Elektrik dari MPP Syariah

13. Begitu banyak fasilitas yang diberikan MPP Syariah, apakah nantinya ada pihak yang dirugikan?
Yang jelas dengan konsep ini Anggota (Member) akan diuntungkan, Perusahaan juga diuntungkan. Memang ada pihak yang dirugikan yaitu mereka yang tidak menjadi Anggota (Member) MPP Syariah, karena tidak bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki MPP Syariah.

14.Bagaimana cara melakukan transaksi pulsa

Peraturan dan Tata Cara Transaksi Pengisian Pulsa

a. PERATURAN

1. Setiap nomor HP terdaftar diberikan pin standar 8888 (harap segera diganti, dan dirahasiakan).

2. Sistem pengisian pulsa menggunakan SMS yang dikirim ke server MPP melalui SMS Center/Gateway.

3. Agar tidak terjadi antrian transaksi yang panjang, kami sediakan beberapa nomor SMS Center.

4. Transaksi real time (saat itu juga) dan 24 jam nonstop.

5. Bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia (asal ada sinyal dan bisa kirim SMS).

6. 1 account deposit dapat digunakan untuk transaksi semua operator/provider di Indonesia, dan bisa juga digunakan untuk pengaktifan kartu atau pendaftaran member baru.

7. Deposit bebas sesuai kebutuhan min. Rp. 50.000,- dan tidak ada expire (hangus).

8. Deposit otomatis terpotong sesuai harga dasar masing-masing voucher setiap transaksi.

9. Pulsa pelanggan/pembeli otomatis bertambah saat itu juga.

10. Jika pulsa belum masuk ke HP pembeli, harap segera melapor/complain ke Kami (max. 3 hari setelah trx).

11. Semua info (perubahan harga, gangguan dll) diberitahukan melalui sms reply ke nomor transaksi yang terdaftar.

12. Setiap transaksi akan diberikan reply (sukses atau gagal), nomor reply tidak bisa di telp dan di sms.

13. Pastikan format pesan transaksi BENAR, jika salah tidak akan ada reply.

14. Kesalahan pengetikan nomor maupun kode voucher dalam bertransaksi tidak dapat dibatalkan dan menjadi tanggung jawab pengirim (member).

15. Pengiriman pesan ke SMS Center dikenakan biaya sms sesuai tarif dari masing-masing operator/provider.

16. Sewaktu kode pulsa tertentu ditutup (dinyatakan tidak tersedia) transaksi dinyatakan gagal dan mendapat sms reply.

17. Transaksi bisa digunakan ke nomor yang sama dengan kode voucher yang sama, dengan menggunanakan kode tertentu.

b. SMS Center (Gateway)

081 2206 54 000

087 821 55 7400

085220 29 4000

085 8619 54 000

085 62 08 7400

c. Cara Transaksi dikirim ke SMS Center (tanda pemisah menggunakan titik <.> )

Transaksi Pulsa

i.kode voucher.no yg diisi.pin

Isi pulsa simpati 5.000 ke nomor 081220500501

Contoh :

i.sh5.081220500501.8888

Transaksi Pulsa ke nomor yg sama dan nominal yg sama dalam 1x24 jam

i.kode voucher.no yg diisi.pin.trx yg ke

Isi pulsa simpati 5.000 ke nomor 081220500501 yg ke-2 pada hari yang sama dan yg ke-3 pada hari yang sama juga

Contoh :

i.sh5.081220500501.8888.2

i.sh5.081220500501.8888.3

Cek Saldo

s.pin

Jika ingin mengetahui sisa deposit pulsa Anda saat ini

Contoh :

s.8888

Ganti PIN

g.pin lama.pin baru

Ingin mengganti pin standar dengan pin baru

Contoh :

g.8888.2121

Transfer deposit antar member

t.nominal.no hp tujuan.pin

Mentransfer deposit antar member min Rp. 10.000,- bisa dilakukan kepada siapa saja walaupun tidak 1 jaringan (bisa crossline)

Contoh :

t.50000.08156026033.8888

d. Cara komplain dikirim ke no SMS Komplain (max. 3 hari setelah trx) 085 7227 151 00

Komplen trx pulsa

userID.nama.isi komplen.tgl bln

Menanyakan trx pulsa, trx sukses dan mengurangi deposit tapi pulsa blum masuk ke hp yg diisi.

Contoh :

MPP0101043.andre kiara.sh5 ke no 081220500501 trx ok pulsa blum masuk.05/04

MPP010104.donna. saya trx as10 ke no 085220088099 sudah 2x kirim tidak ada jawaban.06/04

Menanyakan trx pulsa, sudah 2x kirim tapi tidak ada jawaban (report sukses/gagal nya)

Customer Center MPP

(Waktu pelayanan pukul 09.00 – 21.00 WIB)

Telp

022-7316183 / 022-7310052

087 822 18 5000 (Telepon only)

SMS Hotline

085 7227 151 00 (komplen pulsa only)

0857 5921 3800 (konfirmasi deposit only)

Website

www.mppsyariah.com

Email

mppsyariah@yahoo.com

Deposit Pulsa

Dana deposit adalah dana/limit yang nantinya tersedia dalam account Anda yang terlihat di HP Anda, dan akan didebet/dikurangi untuk setiap transaksi yang dilakukan sesuai dengan harga dasar yang berlaku pada saat melakukan transaksi.

a. Metode Pembayaran

Untuk mempermudah metode pembayaran bagi para member dan calon member, kami menyediakan cara pembayaran

· Tunai : Langsung datang ke kantor MPP : setiap hari kerja (09.00-18.00 WIB), hari Minggu dan hari libur tutup

· Via bank (setiap hari 08.00-18.00, setelah jam tsb akan diinput esok harinya)

Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, Phone Banking, ATM, Transfer Bank

1. BCA (BCA Cab. DAGO)

No. Rek. : 777.088.0020

A/N : Erwin Saeful Ibrahim

2. MUAMALAT (Cab. Buah Batu)

No. Rek. : 000.000.7452

A/N : PT. Mahkota Puncak Prestasi

3. BRI (Bandung – Asia Afrika)

No. Rek. : 0005-01-053214-50-7

A/N : Erwin Saeful Ibrahim

4. Bank Mandiri (KCU Bandung, Soekarno-Hatta)

No. Rek. : 130-00-0986441-7

A/N : Erwin Saeful Ibrahim

5. BNI ’46 (BNI Syari’ah Buah Batu)

No. Rek. : 07777-9000-5

A/N : Erwin Saeful Ibrahim

Khusus untuk bank Muamalat dan BRI diproses 1 Hari Kerja (hari sabtu dan hari libur tidak dihitung). Untuk dana yang ditransfer pada hari jumat

b. Biaya Kode Unik (khusus pembayaran via Bank)

Untuk memudahkan pengecekan pengisian deposit Anda via Bank, maka MPP menerapkan peraturan bagi masing-masing member yang akan melakukan pembayaran via Bank dikenakan biaya kode unik, yaitu 3 digit terakhir dari userID Anda. Untuk memudahkan pengidentifikasian siapa yang melakukan transfer ke rekening Kami.

Contoh :

userID(nomor member) Anda MPP0101043, maka biaya kode unik Anda 043. Jika Anda melakukan transfer/deposit senilai Rp. 500.000,- maka perhitungannya sbb:

Deposit Rp. 500.000

Biaya kode unik Rp. 043

Total yang harus ditransfer Rp. 500.043

Nantinya di HP Anda akan tercantum deposit sebesar Rp. 500.043

NB

Ingat Selalu ! Gunakan kode unik masing-masing dalam melakukan transfer. Jika tidak menggunakan kode unik maka akan menyulitkan Kami dalam pengidentifikasian dana transfer, sehingga penembakan deposit ke account/HP Anda akan terhambat..

c. Konfirmasi Pembayaran/Pentransferan

Setelah melakukan transfer dana deposit (termasuk biaya kode unik) ke rekening Kami, Anda segera melakukan konfirmasi via telp atau SMS dengan cara :

Ketik :

MPPDEP.userID.Nominal.Kode_Bank.Metode_Pengiriman.Tgl_bln_thn.Nama_Pemilik_Rekening

Contoh : Transfer via ATM

MPPDEP.MPP0101043.500043.BCA.ATM.05042009.Andre Kiara

Contoh : Transfer via Teller (setor tunai ke teller di bank)

MPPDEP.MPP0101043.500043.BNI.TUNAI.05042009.Andre Kiara

Kirim sms ke 085 75 921 3800 (sms only) untuk konfirmasi deposit/transfer.

15. Tolong jelaskan mengenai pendaftaran member baru via sms!

PENDAFTARAN VIA SMS

1. Untuk pendaftaran (maksimal 160 karakter/huruf KAPITAL):

MPP(spasi)REG*NOMOR SERI KARTU AKTIF MEMBER*PIN KARTU AKTIF*NAMA CALON MEMBER*NO HP CALON*PASSWORD UNTUK MASUK KE WEB(HURUF/ANGKA/KOMBINASINYA)*ID SPONSOR*ID UPLINE

2. Untuk update data member (maksimal 160 karakter/huruf KAPITAL):

MPP(spasi)UP*USERID (MEMBER BARU)*ALAMAT*KOTA*KODE POS*KODE BANK*NO REKENING*NAMA PEMILIK REKENING*TANGGAL LAHIR (TTBBTAHUN)

Catatan :

- Gunakan huruf KAPITAL untuk setiap huruf yang diketikkan.

- Biaya registrasi dikenakan biaya Rp.1.000.- (dihitung sebagai 1 kali transaksi) dari Deposit HP yang mendaftarkan.

- Format sms pendaftaran dan update data dikirmkan ke sms center transaksi

- Setelah mendaftar Calon member baru wajib meng up date data dari hp keagenannya, (update pertama gratis)

- Member baru mendapatkan deposit pulsa Rp.50.000.- setelah melakukan update data via sms.

- Update berikutnya ada biaya (biaya Rp.100.- dari deposit member).

- Dalam pengisian NAMA CALON MEMBER, ALAMAT dan NAMA PEMILIK REKENING boleh menggunakan karakter titik ( . ) dan spasi.

- Dalam pengisian NAMA CALON MEMBER, ALAMAT dan NAMA PEMILIK REKENING tidak boleh menggunakan karakter koma ( , ).

- Perlu diperhatikan untuk up date data member baru, kota dan bank, memakai kode (dijelaskan dibawah).

- Tanggal lahir diisi dengan format DDMMYYYY misal tanggal lahir 1 Mei 1970 maka data yang diketikkan adalah 01051970 .

- Pastikan data yang diketikkan sudah LENGKAP dan BENAR, karena pendaftaran melalui sms ini tidak menampilkan halaman konfirmasi seperti pendaftaran melalui web. Terutama data mengenai SPONSOR, UPLINE, NO HP member baru, NO REKENING, NAMA BANK, NAMA PEMILIK REKENING dan tanggal lahir karena data-data ini menyangkut pembayaran bonus dan pendaftaran asuransi. Segala akibat dari kesalahan / kelalaian atas informasi yang diberikan pada saat mendaftarkan / update data merupakan tanggung jawab dari member sendiri .

Kode Bank :

BCA : BCA

BNI / BNI Syariah : BNI

BRI : BRI

Bank Syariah Mandiri : BSM

Bank Muamalat : MUAMALAT

Bank Mandiri : MANDIRI

Kode Kota :

- Jika member baru tinggal di suatu kota maka tinggal menuliskan nama kota nya saja menggunakan huruf kapital dan tidak menggunakan spasi,

misal seorang member tinggal di kota Banda Aceh maka di dalam format sms updatenya : BANDAACEH

Kode Kabupaten :

- Jika member baru tinggal di suatu kabupaten maka yang diketik dalam sms pendaftaran adalah KAB.(NAMA KABUPATEN TANPA SPASI).

Misal seorang member baru tinggal di Kabupaten Lima Puluh Kota maka di dalam format sms updatenya : KAB.LIMAPULUHKOTA

Keterangan :

- HP siapakah yang digunakan untuk mendaftarkan member baru?

HP setiap member MPP Syariah yang memiliki saldo deposit minimal Rp.1.000.- , (tidak harus HP Sponsor / Upline nya)

- Setelah mengirimkan sms pertama (Registrasi) apa yang terjadi?

Jika sms sukses terkirim dan diproses maka akan ada sms pemberitahuan kepada HP yang mendaftarkan dan HP member baru berupa nomor ID. Namun member baru belum mendapatkan deposit awal sebesar Rp.50.000.- hingga member baru tersebut mengirimkan sms untuk melengkapi data (update data). Deposit akan dikirimkan jika member baru melakukan update data awal melalui sms, jika update data awal dilakukan melalui web maka deposit pulsa belum akan terkirim. Setelah update data melalui sms sukses maka member baru tersebut bisa melengkapi data melalui website.

- Berapakah biaya yang dikenakan (dikurangi dari deposit member) untuk melakukan pendaftaran dan update data?

Saat ini biaya yang dikurangi dari deposit untuk mendaftarkan member baru adalah Rp.1.000.- untuk sekali pendaftaran (dari HP yang mendaftrkan). Sedangkan saat ini biaya untuk update data member baru adalah gratis untuk sms pertama, namun untuk sms update data berikutnya dikenakan biaya Rp.100.-/sms.

Hal – hal apa saja kah yang harus diperhatikan dalam registrasi melalui sms ini?

- Gunakan huruf KAPITAL untuk setiap huruf yang diketikkan

- Gunakan tanda * (tanda bintang) sebagai tanda pemisah antar data yang dimasukkan

- Pastikan data yang diketik kan sudah LENGKAP dan BENAR, karena pendaftaran melalui sms ini tidak menampilkan halaman konfirmasi seperti pendaftaran melalui web. Terutama data mengenai SPONSOR, UPLINE, NO HP member baru, NO REKENING, NAMA BANK, NAMA PEMILIK REKENING dan tanggal lahir karena data-data ini menyangkut pembayaran bonus dan pendaftaran asuransi

- Format sms pendaftaran dan update data dikirmkan ke sms center transaksi

- Update data pertama kali bagi member yang didaftarkan melalui sms, harus melalui sms juga agar mendapatkan deposit pulsa Rp.50.000.-. Untuk update data (no NPWP, status pernikahan, jumlah anak, dll) selanjutnya dapat melalui web.
»»  READMORE...